Apa Itu Omega3? Makanan Apa Saja Yang Terkandung Didalamnya?

Kita semua tahu asam lemak esensial omega-3, juga disebut vitamin-F, dan itu baik untuk tubuh dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jadi, selalu dianjurkan untuk makan ikan lemak satu atau dua kali seminggu untuk suplemen tambahan omega-3 yang dibutuhkan di tubuh Anda.

makanan-yang-mengandung-omega-3-dan-DHA

Tapi kurang terkenal, dan itu adalah kabar baik bagi para vegetarian di antara kita bahwa omega-3 juga bisa didapat dari sumber tanaman.

Apa itu omega-3?

Karena asam lemak omega-3 yang umum, banyak orang memiliki bulu leher: asam lemak, kata ‘gemuk’ dan gemuk tidak baik untuk kesehatan Anda. Tapi di sini sesuatu perlu diperhatikan lebih dekat. Omega-3 termasuk dalam kelompok asam lemak esensial, asam lemak yang sangat diperlukan untuk tubuh kita, sama seperti kita membutuhkan mineral dan vitamin agar berfungsi dengan baik.

Asam lemak omega-3 tidak diciptakan oleh tubuh itu sendiri, jadi asam lemak esensial ini harus dikonsumsi melalui makanan. Oke, sebagian kecil diciptakan oleh tubuh, atau sebenarnya “dikonversi”, tapi nanti lebih.

3 macam Omega-3

Omega 3 dari pil Ada berbagai jenis omega-3. Yang paling penting adalah ALA (Alfa-linolenat), DHA (Docosahexaic acid) dan EPA. (Asam EicosaPentaenoic) Dua yang terakhir, yaitu DHA dan EPA, adalah yang paling umum terjadi pada ikan berlemak, dan juga pada ganggang dan rumput laut. Selain itu, tubuh Anda juga menggunakan asam lemak omega-3 DHA dan EPA, dengan asam lemak omega-3 ALA sebagai basa.

Fakta bahwa tubuh Anda dapat melakukan DHA dan EPA dengan menggunakan asam lemak omega-3 ALA yang terserap menyiratkan bahwa Anda hanya memerlukan ALA dalam makanan Anda. Hal ini sebagian benar. Proses pengubahan ALA menjadi DHA dan EPA merupakan proses yang sulit dalam tubuh, yang membutuhkan banyak energi.

Hal ini terutama berlaku untuk pemakan daging. Tubuh pemakan daging tidak diatur untuk proses ini karena DHA dan EPA juga masuk dalam makanan.

Bagi vegetarian, jadi orang yang tidak makan daging, ini cerita lain. Seiring waktu, tubuh akan menyesuaikan diri dengan situasi baru dan dengan demikian akan menangani asam lemak ALA secara lebih efisien untuk memungkinkan proses konversi ke DHA dan EPA semulus mungkin tanpa terlalu banyak energi.

Cerita bahwa hanya omega-3 alami yang bisa didapat dari produk ikan karena itu tidak sepenuhnya benar. Selain fakta bahwa omega-3 juga terjadi pada makanan nabati, tubuh itu sendiri juga menjadi bagian darinya. Jadi pesan yang bagus untuk vegetarian!

Baca juga : Makanan Yang Banyak Mengandung Omega3 Untuk Ibu Hamil

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s